-->

Penggunaan Rumus IF di Excel 2007

 Rumus IF - Setelah mencoba beberapa rumus dari microsoft office excel 2007 atau disebut juga Excel 2007 maka banyak sekali yang dapat dilakukan dalam menunjang sebuah pekerjaan. Seperti pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang penggunaan Rumus Absolut dan contohnya. Begitu dengan rumus If yang sudah tidak asing lagi dan sering kita dengar pertanyaan seperti bagaimana, caranya, rumusnya dll. Untuk itu saya akan mencoba menulis artikel tentang Penggunaan Rumus If di Excel 2007.

Sebelum saya berikan contoh tentant Rumus IF, maka alangkah lebih baiknya jika lebih mengerti dulu apa itu Rumus IF dan seperti apa penulisannya. Rumus If  yaitu sebuah rumus dari Excel 2007 yang digunakan untuk mengambil sebuah keputusan benar atau salah, kira-kira seperti itu sederhananya.
Sedangkan Model Rumus IF yaitu : IF(Ekpresi Logika,Pernyataan benar, pernyataan salah)


Catatan :
untuk tipe data numerik (angka) jangan diapit tanda apapun, sedangkan tipe data karakter (huruf dan juga angka) maka harus diapit tanda petik.

Keterangan :
-Ekspresi Logika yaitu perbandingan 2 atau lebih cell / data dengan menggunakan operator logika seperti tanda " >  >=  <  <=  <>  = " . dan juga dapat ditambahkan operator boolean seperti :" And   Or   Not "
Contoh Penulisan : C5 > 59 ,   C5 >= 60  ,  C5 > B5  , C5 = "K" , C5 <> "K" ,  C5 > (B5 * A5)

-Pernyataan Benar yaitu pernyataan yang sesuai dengan ekspresi logika
-pernyataan Salah yaitu pernyataan yang tidak sesuai dengan ekspresi logika
Pernyataan Benar atau pernyataan salah dapat berupa angka, huruf atau berupa rumus

Rumus IF itu sendiri dibagi 2 (dua) bagian yaitu
-IF tunggal yaitu penggunaan dengan 1 buah if yang terdiri-dari 2 (dua) pernyataan
-IF Majemuk yaitu penggunaan banyak If yang terdiri-dari lebih dari 2 (dua) pernyataan

Penggunaan IF Tunggal :
Contoh Rumus :
Pada soal ini misalkan terdapat kolom Kode Karyawan dimana pada kolom Jabatan Anda harus mengisikan keterangan jabatan berdasarkan kode karyawan tersebut :

Penggunaan Rumus IF di Excel 2007

 Hasilnya : (perhatikan Rumusnya)

Penggunaan Rumus IF di Excel 2007



Setelah sukses mencobanya maka cobalah dengan contoh soal model lainnya. Selanjutnya akan saya bahas tentang penggunaan rumus IF dimana pernyataannya lebih dari 2 buah pernyataan. Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca artikel di blog ini .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel