Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007
Tentang Akuntansi
Akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan, menganalisa dalam menyajikan laporan keuangan di suatu perusahaan. Akuntasi sangatlah penting dalam menlihat kondisi suatu perusahaan apakah perusahaan tersebut dalam kondisi mengutungkan atau tidak, yang membuat pihak manajemen untuk mengambil sebuah keputusan bagi perusahaan tersebut. Dalam proses akuntansi itu sendiri terdiri dari beberapa tahapan yang biasa disebut dengan siklus akuntansi. Pada artikel kali ini akan membahas tentang Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007
Siklus Akuntansi secara sederhana dapat digambarkan seperti ini:

- Bukti Transaksi
Merupakan dokumen atau bukti transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan seperti kwintansi, nota, faktur, cek dan lain-lain
- Jurnal
- Buku Besar
Merupakan ringkasan data keuangan yang berasal dari jurnal
- Buku Pembantu
Merupakan buku yang berisi tentang detil data keuangan dari rekening tertentu yang terdapat pada buku besar biasanya terdapat pada perusahaan dagang
- Laporan Keuangan
Merupakan hasil akhir dari proses pengolahan data keuangan yang berupa Neraca, Laporan Rugi Laba, laporan perubahan modal dan lain sebagainya
Akuntansi Dengan Ms Excel 2007
Untuk mengolah data laporan keuangan atau sistem akuntansi di Ms Excel 2007 sebenarnya dasarnya sama seperti gambar tahapan akuntansi diatas. Yang perlu diingat bahwa dalam proses pengolahan data di komputer terdapat beberapa bagian yaitu Input, Proses dan Output.
Jika digambarkan secara sederhana dalam suatu bagan maka seperti gambar dibawah ini:
Jika digambarkan secara sederhana dalam suatu bagan maka seperti gambar dibawah ini:

- Input
Dimana Anda memasukkan data-data dari bukti transaksi ke dalam komputer di Ms Excell secara manual berdasarkan transaksi yang ada
- Proses
Dimana dengan menggunakan fungsi rumus yang tersedia di Ms. Exceel tersebut akan mengolah atau memproses data-data tersebut sesuai dengan keinginan Anda
- Output
Dimana setelah data bukti transaksi tersebut di proses dengan rumus-rumus yang digunakan maka pada hasil akhir yaitu dapat menampilkan data laporan keuangan yang diingikan
Fungsi yang digunakan di Ms Excel 2007
Untuk pengolahan data Akuntansi yang paling utama adalah Anda mengerti tentang Akuntasi terlebih dahulu setelah itu baru diterapkan ke komputer yaitu dengan Ms. Excel 2007, agar dapat lebih mudah dalam mengerjakannya.
Jika data Akuntansi ini diterapkan dengan Ms Excell 2007 maka terdapat beberapa tahapan yang akan dikerjakan yaitu :
- Merancang Kode Rekening
- Membuat Tabel Rekeing
- Membuat Jurnal Umum
- Membuat Buku Besar
- Membuat Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian
- Membuat Neraca Lajur
- Membuat Laporan Keuangan lainnya
0 Response to "Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007"
Post a Comment
Terima Kasih sudah Membaca di Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar