-->

Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007

Tentang Akuntansi


Akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan, menganalisa dalam menyajikan laporan keuangan di suatu perusahaan. Akuntasi sangatlah penting dalam menlihat kondisi suatu perusahaan apakah perusahaan tersebut dalam kondisi mengutungkan atau tidak, yang membuat pihak manajemen untuk mengambil sebuah keputusan bagi perusahaan tersebut. Dalam proses akuntansi itu sendiri terdiri dari beberapa tahapan yang biasa disebut dengan siklus akuntansi. Pada artikel kali ini akan membahas tentang Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007

Siklus Akuntansi secara sederhana dapat digambarkan seperti ini:

Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007


Keterangan:

- Bukti Transaksi
Merupakan dokumen atau bukti transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan seperti kwintansi, nota, faktur, cek dan lain-lain

- Jurnal
Merupakan catatan akuntasi yang menunjukkan penggolongan data keuangan dari setiap transaksi

- Buku Besar
Merupakan ringkasan data keuangan yang berasal dari jurnal

- Buku Pembantu
Merupakan buku yang berisi tentang detil data keuangan dari rekening tertentu yang terdapat pada buku besar biasanya terdapat pada perusahaan dagang

- Laporan Keuangan
Merupakan hasil akhir dari proses pengolahan data keuangan yang berupa Neraca, Laporan Rugi Laba, laporan perubahan modal dan lain sebagainya



Akuntansi Dengan Ms Excel 2007

Untuk mengolah data laporan keuangan atau sistem akuntansi di Ms Excel 2007 sebenarnya dasarnya sama seperti gambar tahapan akuntansi diatas. Yang perlu diingat bahwa dalam proses pengolahan data di komputer terdapat beberapa bagian yaitu  Input, Proses dan Output.

Jika digambarkan secara sederhana dalam suatu bagan maka seperti gambar dibawah ini:


Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007

Keterangan:
- Input
Dimana Anda memasukkan data-data dari bukti transaksi ke dalam komputer di Ms Excell secara manual berdasarkan transaksi yang ada

- Proses
Dimana dengan menggunakan fungsi rumus yang tersedia di Ms. Exceel tersebut akan mengolah atau memproses data-data tersebut sesuai dengan keinginan Anda

- Output
Dimana setelah data bukti transaksi tersebut di proses dengan rumus-rumus yang digunakan  maka pada hasil akhir yaitu dapat menampilkan data laporan keuangan yang diingikan


Fungsi yang digunakan di Ms Excel 2007



Untuk pengolahan data Akuntansi yang paling utama adalah Anda mengerti tentang Akuntasi terlebih dahulu setelah itu baru diterapkan ke komputer yaitu dengan Ms. Excel 2007, agar dapat lebih mudah dalam mengerjakannya.

Jika data Akuntansi ini diterapkan dengan Ms Excell 2007 maka terdapat beberapa tahapan yang akan dikerjakan yaitu :

  1. Merancang Kode Rekening
  2. Membuat Tabel Rekeing
  3. Membuat Jurnal Umum
  4. Membuat Buku Besar
  5. Membuat Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian
  6. Membuat Neraca Lajur 
  7. Membuat Laporan Keuangan lainnya
Itulah informasi secara sederhana tentang Pengolahan Data Akuntansi yang akan diolah dengan menggunakan Ms. Excel 2007 yang akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat yang berharga bagi para pembaca blog ini. Baca juga tentang Cara Membuat Kartu Persediaan Stok di Excel 2007

0 Response to "Tutorial Ms Excel Bagian 1:Pengolahan Data Akuntansi di Ms Excel 2007"

Post a Comment

Terima Kasih sudah Membaca di Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel