-->

Cara Mengolah Data Karyawan Bagian 2

Membuat lembar kerja Data Karyawan


Seperti pada artikel sebelumnya sudah diberikan gambar secara sederhana tentang sistem pengolahan data karyawan. Dalam mengolah data karyawan yang sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 kali ini merupakan lanjutan dari artikel dari Cara Mengolah Data Karyawan Bagian 1. Sekarang akan saya lanjutkan tentang Cara Mengolah Data Karyawan Bagian 2 ini dengan membuat lembar kerja data karyawan yang digunakan untuk mencatat data karyawan secara sederhana.



Lembar Kerja Data Karyawan

Sebelum membuat lembar kerja data karyawan yang akan digunakan untuk mencatat data karyawan maka terpikirkan oleh Anda kira-kira data apa saja yang dibutuhkan dan judul kolom apa saja yang harus disiapkan.

Pada tutorial Microsoft Excel 2007 ini saya buat contoh yang paling sederhana agar mudah dipahami oleh para pembaca khususnya para pemula yang belajar Microsoft Excel 2007 khususnya pengolahan data karyawan.

Data yang dibutuhkan dalam tutorial Microsoft Excel 2007 ini yaitu :
  1. Nik
  2. Nama Karyawan
  3. Jabatan
  4. Tgl Masuk
  5. JK
  6. Tgl Lahir
  7. Status 
  8. Kode Shift
Dari judul tersebut silahkan Anda modifikasi dengan menambahkan judul kolom yang sekiranya harus ditambahkan dan khusus judul Status digunakan untuk mencatat status karyawan yaitu aktif atau tidak aktif artinya masih bekerja pada perusahaan tersebut atau sudah tidak sebagai karyawan pada perusahaan tersebut.

Cara Membuat Lembar Kerja Data Karyawan 


  1. Jalankan Microsoft Excel 2007 
  2. Pilih sheet1 dan silahkan Anda ganti (rename) dengan nama Data Karyawan agar lebih mudah dimengerti
  3. Buatlah tabel dan ketikkan judul kolom seperti pada point diatas
  4. Isikan data karyawan secara lengkap (isi data karyawan terserah anda)
Contoh :

Setelah membuat judul kolom pada sheet atau lembar kerja data karyawan maka selanjutnya  isikan datanya, dan disini hanya sebagai contoh datanya misalkan seperti ini:



Cara-Mengolah-Data-Karyawan-Bagian-2


Keterangan :
Untuk Kode shift isikan dengan huruf P=Pagi, S=Siang dan M=Malam (setelah kolom status)
Setelah Anda membuat judul dan tabel seperti gambar tersebut, maka silahkan Anda isikan datanya sesuai dengan judul kolom.  Setelah selesai maka siapkan sheet atau lembar kerja untuk mencatat data Shift kerja karyawan. Sampai disini dulu bagaimana Cara Mengolah Data Karyawan Bagian 2. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang lagi belajar Microsoft Excel 2007. Silahkan Anda modifikasi dan mengembangkan tutorial ini agar lebih sempurnya dan lebih baik lagi.





0 Response to "Cara Mengolah Data Karyawan Bagian 2"

Post a Comment

Terima Kasih sudah Membaca di Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel